Rabu, 3 September 2014

News / Regional

Kasus Korupsi, Bupati Rembang Diperiksa

Kamis, 1 November 2012 | 10:51 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Bupati Rembang M Salim, Kamis (1/11/2012) pagi, mendatangi kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Tengah, di Jalan Sukun Raya, Semarang, untuk memenuhi panggilan dan menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

Salim yang mengenakan baju tenun lengan panjang warna ungu tersebut datang tepat pukul 09.00 WIB dengan mengendarai mobil Mitsubishi Pajero warna hitam dengan nomor polisi K 7165 ZA. Seusai mengisi buku tamu, Salim kemudian masuk ke ruang Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Jateng Ajun Komisaris Besar Joko Setiono didampingi dua penasihat hukumnya.

Salim menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus korupsi dana penyertaan modal PT Rembang Bangkit Sejahtera Jaya (RBSJ) sebesar Rp 5,2 miliar. Salim sebelumnya sudah ditetapkan sebagai tersangka pada kasus ini sejak 6 Juni 2010. Ia akan menjalani pemeriksaan untuk saksi tersangka lain, yakni M Siswadi yang menjabat sebagai Direktur PT RBSJ.

Kasus ini bermula saat M Salim dalam menyampaikan visi dan misinya sebagai bupati memiliki program kesejahteraan warga Rembang yang disampaikan ke DPRD setempat. Untuk itu, didirikanlah PT RBSJ yang sebelumnya bernama PT RSM. Kemudian dilakukan penyertaan modal melalui APBD sebesar Rp 35 miliar.

Berdasarkan hasil investigasi Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), ditemukan penyimpangan penggunaan anggaran negara pada APBD Kabupaten Rembang 2006-2007 sebesar Rp 5,2 miliar. Penyimpangan dana diduga akibat pembelian tanah di Desa Tireman seluas 8.170 meter persegi untuk pembangunan SPBU dan kerja sama pengadaan kayu untuk gempa di Yogyakarta.


Penulis: Kontributor Semarang, Puji Utami
Editor : Glori K. Wadrianto