Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distribusi Air Bersih di Purbalingga Dihentikan

Kompas.com - 30/10/2012, 18:10 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURBALINGGA, KOMPAS.com Kendati curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, belum merata, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga menghentikan distribusi bantuan air bersih kepada warga.

Kepala Pelaksana BPBD Purbalingga Priyo Satmoko, Selasa (30/10), mengatakan, di sejumlah wilayah, sumur warga sudah mulai terisi air kendati masih keruh.

"Saya memperkirakan awal November masyarakat sudah tak terlalu membutuhkan bantuan. Penghentian bantuan air juga sudah kami sampaikan kepada bupati," jelasnya.

Menurut dia, beberapa tempat memang masih ada yang meminta desa. Beberapa di antaranya di Kecamatan Kejobong seperti Desa Langgar, Bandingan, dan Kejobong.

Data BPBD Purbalingga menyebut, hingga akhir Oktober telah disalurkan sebanyak 1.276 tangki untuk 69 desa sasaran. Adapun dari Bakorwil III Jateng sebanyak 114 tangki.

Pada tahun lalu jumlah air yang dikeluarkan mencapai 3.189 tangki. Pihak BPBD Purbalingga telah menyiapkan pembayaran senilai Rp 294 juta kepada Perusahaan Daerah Air Minum untuk membayar tagihan distribusi air bersih tersebut. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com