Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak September Lokon Meletus 41 Kali.

Kompas.com - 07/10/2012, 07:29 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Dari catatan Pos Pemantau Gunung Lokon dan Mahawu, sejak awal September 2012, Gunung Api Lokon di Tomohon sudah meletus sebanyak 41 kali. "Letusan paling terakhir terjadi Jumat (5/10/2012) pada pukul 21.37 Wita dengan abu vulkanik yang dilontarkan setinggi 1.500 meter," ujar Kepala Pos Pemantau Farid Bina, Minggu (7/10/2012).

Untuk periode 2011-2012 letusan terbanyak terjadi pada September 2011 dengan letusan sebanyak 329 kali, namun letusan tersebut tidak disertai dentuman keras. "Untuk letusan dengan dentuman keras terbanyak pada periode September 2012 ini," kata Farid.

Saat ini Gunung Lokon menjadi gunung berapi paling aktif, karena tiap saat bisa terjadi letusan. "Untuk itu masyarakat tetap diminta tidak melakukan aktivitas pada radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan," tambah Farid.

Sementara itu akibat letusan yang terjadi pada Jumat lalu, beberapa warga di Tinoor, Kakaskasen dan Kinilow yang merupakan daerah paling dekat dengan Lokon mulai terserang penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon sejak letusan terdahsyat pada 21 September lalu, sudah membagikan 16.500 masker kepada warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com