Minggu, 26 Oktober 2014

News / Regional

Terduga Teroris

Buku Berjudul "Perang Akhir Zaman" Disita

Kamis, 30 Agustus 2012 | 20:46 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Komputer beserta laptop adalah barang bukti yang disita dari kantor maupun rumah MK, terduga teroris, oleh Detasemen Khusus 88, Kamis (30/8/2012). Namun, selain bukti berupa peralatan elektronik, ada satu eksemplar buku yang turut disita.

"Kalau tidak salah judulnya Perang Akhir Zaman," ujar Kapolsek Arcamanik, Komisaris I Ketut Adi Purnama, saat ditemui di tengah penggeledahan.

Buku tersebut diamankan dari rumah MK yang terletak di Cluster Pawengan di Kelurahan Cisaranten Bina Harapan, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung. Adi sendiri tidak melihat jelas isi buku yang dibawa, dia juga tidak bersedia menyimpulkan ada kaitan dengan penangkapan MK.

Hal serupa juga diutarakan tetangga MK bernama Ade Jauhari yang diminta menjadi saksi sewaktu penggeledahan berlangsung. Selain satu unit CPU, laptop, dan puluhan keping CD, Ade melihat petugas membawa buku tebal meski dia tidak jelas membaca judulnya. Dia sempat beranggapan bahwa buku tersebut adalah buku mengenai pemrograman mengingat MK sendiri bekerja di perusahaan informatika.

Sewaktu dicari di internet, memang ada buku berjudul Perang Akhir Zaman yang ditulis oleh Abu Robbani Abdullah. Berdasarkan tebal buku yang mencapai 442 halaman, cocok dengan keterangan Adi terkait buku yang tebal. Resensi buku ini menjelaskan ramalan dunia di masa mendatang yang diklaim berdasarkan metode ilmiah.

Judul yang beredar luas di toko buku ini mengulas peristiwa yang sudah terjadi, seperti penyerbuan Irak sebagai jalinan ramalan yang sudah dituliskan sebelumnya serta mengungkapkan beberapa hal yang diduga bakal terjadi pada masa mendatang.

MK diamankan Densus 88 dengan dugaan terlibat dengan jaringan terorisme meski belum disebutkan jaringan yang mana. 


Penulis: Didit Putra Erlangga Rahardjo
Editor : Robert Adhi Ksp