Rabu, 22 Oktober 2014

News / Regional

Tiga Polsek di Lobar Masuk Polres Mataram

Selasa, 28 Agustus 2012 | 09:49 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Kepolisian Sektor (Polsek) Gunungsari, Narmada dan Lingsar, yang semula masuk dalam wilayah administrasi Kepolisian Lombok Barat (Lobar), kini masuk dalam wilayah hukum Polres Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Alasannya, dari aspek koordinasi, organisasi dan geografis, warga di tiga Polsek lebih efektif dan efisien mengurus kepentingannya.

"Masuknya tiga Polsek itu diresmikan tanggal 6 September mendatang. Operasional pelayanan administrasi tetap dilakukan di tiga Polsek itu, cuma rentang kendalinya tiga Polsek itu berada di Polres Mataram," ujar Ajun Komisaris Besar, Sukarman Hussain, Kabid Humas Polda NTB, Selasa (28/8/2012) di Mataram.

Beradanya tiga polsek itu di wilayah hukum Polres Mataram, kata Sukarman Husaain, diharapkan meningkatkan pelayanan dan pengamanan lebih optimal. Pasalnya secara geografis, Polsek Gunungsari berada di utara Kota Mataram, sebagai batas wilayah kota dengan Lobar.

Begitu pun Polsek Narmada dan Lingsar masing-masing di arah timur dan timur laut kota Mataram, berbatasan langsung dengan kota Mataram. Sedang Kantor Polres Lobar berada di Desa Jembatan Kembar, relatif jauh dari lokasi tiga Polsek tadi (sekitar 20 km), jika warga di tiga Polsek itu mengurus keperluannya ke Kantor Polres Lobar, mereka harus melewati Kota Mataram.

 


Penulis: Khaerul Anwar
Editor : Rusdi Amral