Selasa, 23 September 2014

News / Megapolitan

Tempat Penitipan Hewan Ragunan Sudah Penuh

Sabtu, 11 Agustus 2012 | 12:57 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemudik yang hendak menitipkan hewan peliharaan perlu melakukan pemesanan lebih awal di lokasi penitipan hewan. Bila terlambat, tak tertutup kemungkinan mereka akan kesulitan mencari tempat penitipan yang masih lowong.

"Kalau di sini sudah penuh sejak minggu lalu. Memang sebagian besar baru berupa pemesanan. Masuknya nanti pas mudik," kata Ipah, Humas Pondok Pengayom Satwa Hewan di Ragunan, Jakarta Selatan, saat ditemui Kompas.com, Sabtu (11/8/2012).

Ia menjelaskan, para pemelihara hewan yang sudah lama biasanya melakukan pemesanan jauh sebelum keberangkatan mereka ke luar Jakarta. Karena itu, tempat penitipan hewan yang dikelola mereka sudah tidak bisa menampung pendaftar baru.

"Sekarang sih kelihatan belum meningkat karena kebanyakan baru pemesanan. Nanti full masuknya (hewan) sekitar Kamis dan Jumat," ujar Ipah.

Pondok Pengayom Satwa Hewan adalah tempat penitipan hewan peliharaan khusus untuk jenis anjing dan kucing. Harga yang diterapkan untuk kucing sebesar Rp 36.000 per ekor per hari. Sementara untuk anjing bervariasi antara Rp 36.000-Rp 80.000, tergantung berat badan.

Untuk anjing dengan berat antara 5 kilogram-15 kilogram dikenakan biaya Rp 36.000 per ekor per hari. Sementara untuk yang beratnya di atas 55 kg dipatok harga Rp 80.000 per ekor per hari.

Ada beberapa syarat yang dikenakan bagi hewan peliharaan yang hendak dititipkan, di antaranya, hewan harus sudah divaksin lengkap dan hewan tidak dalam kondisi menyusui atau bunting.


Penulis: Imanuel More
Editor : Ana Shofiana Syatiri