Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Wings Air Batal Terbang

Kompas.com - 28/05/2012, 22:02 WIB
Aufrida Wismi Warastri

Penulis

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com — Pesawat Wings Air IW 1261 jenis ATR yang sedianya berangkat dari Bandara Binaka, Nias, pukul 15.30 menuju Bandara Polonia, Medan, batal terbang. Petugas Bandara Binaka mengumumkan pada pukul 18.30 bahwa penerbangan dibatalkan karena cuaca buruk.

Sebelumnya, pengumuman di bandara menyatakan, penerbangan ditunda 1 jam 35 menit karena ada kendala teknis. Berdasarkan keterangan petugas Wings Air Nias, Lazara, kaca depan pesawat retak, tetapi sudah bisa diperbaiki dengan dilem.

"Pesawat sudah bisa terbang. Pilot menyatakan aman terbang," tutur Lazara saat ditanya Kompas.

Sejumlah penumpang marah-marah karena hingga pukul 18.00 belum ada kepastian kapan pesawat akan berangkat. Penumpang yang marah terutama penumpang yang transit di Polonia menuju Jakarta dengan pesawat dari maskapai lain.

"Kami sudah menambah biaya karena mengundur penerbangan," tutur seorang penumpang. Namun, kemudian diumumkan bahwa cuaca buruk sehingga penerbangan dibatalkan. Semua penumpang diinapkan di Hotel Miga dan Soliga di Nias dengan berbagai kelas, tetapi tanpa fasilitas makan malam. Penumpang terpaksa merogoh kocek masing-masing.

Beberapa penumpang juga memilih pindah kamar dari kamar standar dengan tarif Rp 100.000 ke kelas yang lebih tinggi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Polonia Hartanto mengatakan, Senin petang cuaca di Medan memang buruk, tetapi bukan berarti bandara tidak bisa didarati. "Mungkin ada pertimbangan pilot sehingga penerbangan dibatalkan. Pesawat kecil memang lebih riskan," kata Hartanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com