Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Buruh di Lampung Diwarnai Bentrok

Kompas.com - 01/05/2012, 14:14 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Unjuk rasa aliansi masyarakat dan buruh yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Lampung untuk memperingati Hari Buruh Sedunia diwarnai bentrok, Selasa (1/5/2012) sekitar pukul 13.00. Unjuk rasa yang awalnya berlangsung damai, bahkan diiringi nyanyian lagu mars buruh, tiba-tiba menjadi ricuh.

Peristiwa ini terjadi ketika massa yang merupakan aktivis mahasiswa mencoba mendekat ke kantor gubernur, tetapi langsung dihadang puluhan petugas satuan polisi pamong praja (satpol PP). Sempat terjadi dorong-mendorong di antara mereka sebelum akhirnya mereka saling pukul menggunakan tongkat dan bambu.

Namun, bentrokan ini tidak berlangsung lama karena ratusan personel polisi yang berjaga di kompleks Pemerintah Provinsi Lampung ikut meredam massa. Akibat bentrokan ini, sedikitnya tiga pengunjuk rasa luka ringan.

Menurut para saksi mata, bentrokan ini bermula ketika mereka memergoki ada petugas satpol PP yang mengeluarkan sangkur dari pinggangnya untuk menakut-nakuti massa saat aksi saling dorong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com