Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKK Akan Bangun Sarana Air Bersih di Flores

Kompas.com - 26/04/2012, 07:53 WIB
Markus Makur

Penulis

BORONG, KOMPAS.com - Mengatasi kekurangan air bersih di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Dana Kemanusiaan Kompas siap membangun fasilitas air bersih di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai Timur, dan Kabupaten Ngada.

Hal itu dijelaskan Ketua Tim Dana Kemanusian Kompas (DKK), Antonius Edy Sutedja kepada Kompas.com seusai melakukan survei lokasi di Desa Pong Ruan, di Borong, Rabu (25/4/2012).

Sutedja memaparkan, di Kabupaten Manggarai Barat yang mendapatkan bantuan yakni Kampung Tua, Desa Goloronggot, Kecamatan Welak. Di Kabupaten Manggarai Timur, di Desa Pong Ruan, Kecamatan Kota Komba dan di Kabupaten Ngada yakni di Kampung Ria, Kecamatan Riung Selatan.

Ditambahkannya, DKK memberikan bantuan pengadaan sarana air bersih bagi masyarakat di Pulau Flores, sebab sejumlah daerah di Pulau Flores mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

Untuk membangun sarana air bersih tersebut, papar Sutedja, akan digunakan teknologi tepat guna dengan menggunakan sumur tandem, pompa hidran (Hidroliks Ram) atau air tolak air.

Pada kesempatan itu, Bupati Manggarai Timur, Yoseph Tote di Desa Pong Ruan didampingi Wakil Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur mendukung pembangunan air bersih yang dilakukan oleh DKK.

"Saya langsung mendampingi tim Dana Kemanusiaan Kompas di Desa Pong Ruan, Rabu (25/4/2012) serta meminta masyarakat untuk memberikan dukungan kepada tim Kompas yang akan bekerja, mulai dari survei sampai pada pelaksanaan kerja di lapangan," jelasnya.

Kepala Desa Pong Ruan, Sebastianus Ndaes mengakui warga masyarakat Desa Pong Ruan merasa senang atas bantuan air bersih dari dana Kemanusiaan Kompas. Ndaes menjelaskan, bantuan ini dapat mengatasi kekurangan air bersih bagi Masyarakat desa Pong Ruan, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com