Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Terjang Kincir Air

Kompas.com - 02/03/2012, 17:18 WIB
Irma Tambunan

Penulis

MUARA BUNGO, KOMPAS.com — Sejumlah kincir air rusak diterjang luapan air sungai anak Sungai Batanghari di Kabupaten Bungo, Jambi. Akibatnya, puluhan rumah tak teraliri listrik.

Di Desa Lubuk Beringin, Kecamatan Batin III Ulu, Bungo, kerusakan terjadi pada dua dari tiga unit pembangkit listrik bertenaga mikrohidro setelah diterjang luapan air Sungai Batang Limun. Sekitar 50 rumah tak teraliri listrik sejak sepekan terakhir.

"Kincir air patah diterjang arus. Dinamonya juga rusak tersambar petir, ujar Hadirin, Kepala Desa Lubuk Beringin, Jumat (2/3/2012).

Hadirin melanjutkan, desa yang terletak di pinggir Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini memanfaatkan sepenuhnya kebutuhan listrik dari energi kincir air. Saat ini yang tersisa tinggal satu kincir air sehingga hanya 30 persen rumah yang teraliri listrik, katanya.

Selain Lubuk Beringin, sejumlah kincir air di Sungai Batang Nilau, Batang Siau, Batang Tembesi, dan Batang Langkup yang terletak di kaki Gunung Masurai, Kabupaten Masurai, juga rusak diterjang banjir.

Menurut Edi, warga setempat, desa-desa penyangga TNKS di Kabupaten Merangin bergantung pada tenaga mikrohidro untuk memenuhi kebutuhan listrik. Saat ini, ada sekitar 40 kincir terpasang sepanjang sungai di empat kecamatan, yaitu Muara Siau, Lembah Masurai, Sungai Tenang, dan Jangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com