Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Puting Beliung Wonosobo Butuh Bantuan Atap

Kompas.com - 19/01/2012, 18:21 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Sebanyak 35 keluarga warga Desa Candimulyo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang menjadi korban puting beliung pada Rabu kemarin, membutuhkan bantuan atap. Sebagian besar atap rumah warga yang terbuat dari seng rusak diterjang angin.

Kepala Desa Candimulyo, Ikhasanuddin, Kamis (19/1/2012) mengatakan, sebagai penanganan sementara warga membuat atap dari bambu. "Untuk sementara kami akan mengupayakan perbaikan atap dengan meminjam bahan material rumah ke salah satu pemilik toko bangunan," tuturnya.

Sekitar 150 jiwa yang menjadi korban angin puting beliung pada Rabu sore, sebagian sudah beraktivitas normal. Namun, masih banyak yang khawatir terhadap terjangan angin susulan saat curah hujan kembali tinggi.

Kepala Dusun Candiroto Harwandi mengatakan, dari 35 rumah yang rusak lima di antaranya rusak parah karena atap habis sebagian tumpuan atap beton juga runtuh. Pemiliknya terpaksa mengungsi di rumah tetangga yang aman. Sedangkan 30 rumah lainnya masuk kategori rusak sedang dan ringan. Untuk proses penanganan sementara, bagian rumah yang atap gentengnya ambrol ditutupi menggunakan terpal dan plastik.

Camat Kretek Prayitno mengatakan, pihaknya sudah menyalurkan bantuan sembako bagi semua keluarga. Saat ini pihaknya masih mengidentifikasi kebutuhan atap serta kayu bagi rumah yang rusak sedang dan parah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com