Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2011, 17 Pengidap Baru AIDS di Lamongan

Kompas.com - 29/12/2011, 21:06 WIB
Adi Sucipto

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com -- Tahun 2011 tercatat sebanyak 17 pengidap baru HIV/AIDS di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jumlah itu meningkat dibanding tahun sebelumnya, 51 pengidap baru.

 

Secara kumulatif sejak 2002 hingga Desember 2011, jumlah pengidap HIV/AIDS di Lamongan mencapai 260 orang, 122 di antaranya meninggal dunia.

Asisten Tata Praja Kabupaten Lamongan Agus Sugiarto menyebutkan, jumlah pengidap HIV/AIDS pada awal November baru tercatat 240 orang. Berarti dalam dua bulan terakhir ada 20 pengidap baru. "Dari 260 pengidap itu, 251 orang di antaranya adalah penduduk Lamongan, sembilan orang lainnya adalah penduduk luar Lamongan yang dirawat di Lamongan," kata Agus, Kamis (29/12/2011) di Lamongan.

Menurut Agus, sebaran kasus HIV/AIDS merata, dari 27 kecamatan di Lamongan hanya di Kecamatan Sukorame yang tidak ditemukan kasus HIV/AIDS. Pengidap terbanyak berada di Kecamatan Sukodadi, yakni sebanyak 24 orang, disusul Kembangbahu 20 orang, serta di Kecamatan Turi dan Sekaran masing-masing 19 orang.

Umumnya pengidap HIV/AIDS di Lamongan adalah perantau dan kembali ke Lamongan dalam keadaan sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com