Selasa, 21 Oktober 2014

News /

Gunung Api

Gunung Sindoro Terakhir Meletus 101 Tahun Lalu

Kamis, 8 Desember 2011 | 14:17 WIB

Terkait

BANDUNG, KOMPAS.com- Peningkatan aktivitas Gunung Sindoro di wilayah Temanggung, Jawa Tengah, memang membuat banyak orang terkesiap mengingat gunung ini terkenal kalem. Bahkan, menurut catatan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Gunung Sindoro terakhir kali meletus pada tahun 1910 atau 101 tahun silam.

Diungkapkan oleh Kepala PVMBG, Surono, pada tahun 1910 tercatat gemuruh yang terdengar dari dalam bumi, sementara tahun 1970 pernah dikabarkan peningkatan aktivitas tapi hanya muncul asap saja.

"Pada tahun 1970 hanya keluar asap jadi yang benar-benar meletus tahun 1910," kata Surono, Kamis (8/12).

Dia menuturkan, kandungan silika di dalam material Gunung Sindoro mencapai 56 persen yang mengindikasikan lavanya bakal kental dan memiliki kekuatan perusak. Dia mengkhawatirkan bila gunung ini benar meletus bakal memengaruhi dua jalur transportasi utama.

Menurut laporan terakhir, Rabu kemarin tercatat satu kali gempa vulkanik dangkal, satu kali gempa vulkanik dalam, dan enam kali tremor. Tremor itulah yang dijadikan patokan kondisi Gunung Sindoro.

Surono mengungkapkan, dia mendapatkan laporan dari sebuah organisasi pecinta alam yang nekad mendaki sampai puncak gunung dan melaporkan bahwa terlihat 35 titik solfatara dari biasanya empat serta getaran senantiasa dirasakan.

Meskipun dia berterima kasih terhadap laporan tersebut, peringatan tetap diberikan karena gunung Sindoro harus steril dua kilometer dari puncak.


Penulis: Didit Putra Erlangga Rahardjo
Editor : Marcus Suprihadi