Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tewasnya Carly, Misteri Bagi Keluarga

Kompas.com - 30/11/2011, 13:46 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepergian Carly Wilson Takimai (25), mahasiswa BSI Jurusan Informatika asal Papua yang meninggal diduga akibat keracunan, Senin (28/11/2011) lalu, masih menyisakan misteri. Pihak keluarga merasa ada keanehan dari kematian mendadak tersebut.

Keanehan itu dirasakan oleh Dorus Wakum, kakak Carly. Ketika jenasah dibawa ke Rumah Sakit Tebet sekitar pukul 17.30 WIB, sudah ada banyak polisi bepakaian preman menunggu dan menanyakan identitas jenazah.

"Padahal kami dari teman dan keluarga tidak ada yang menelepon atau melapor ke polisi. Tapi kenapa mereka sudah ada di sana," katanya heran.

Keanehan selanjutnya yang dirasakan keluarga adalah Rumah Sakit Tebet tidak mengeluarkan rekam medik penyebab Carly meninggal. "Hanya ada sertifikat kematian yang hanya mengatakan beliau meninggal dalam perjalanan," ujarnya.

Pihak keluarga juga menolak otopsi kepada jenazah karena dengan alasan kemanusiaan, "Kalau dari sisi kemanusiaan, orang Papua yang mengalami musibah, biar lahir kita sempurna, biar meninggal juga sempurna, tidak dikurangi tubuhnya," ujarnya.

Hingga kini Carly sudah dibawa ke Papua untuk dimakamkan. Carly adalah mahasiswa yang mengadu ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia karena kontrakannya digerebek anggota TNI dan Polri beberapa waktu lalu. Ia termasuk mahasiswa yang paling kritis dan vokal melawan saat penggeledahan asrama mahasiswa asal Paniai-Nabire di Tebet. Hal itu karena penggeledahan dilakukan tanpa alasan yang jelas oleh aparat TNI dan Polri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com