Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surono: Gunung Lokon Masih Berstatus Siaga

Kompas.com - 27/10/2011, 19:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengatakan bahwa status Gunung Lokon yang terletak di Sulawesi Utara masih Siaga.

"Status Gunung Lokon tetap Siaga," kata Surono kepada Antara seusai pembukaan Indonesia Disaster Expo and Conference (IDEC) 2011 di Jakarta, Kamis (27/10/2011).

Surono menyatakan hal tersebut menyusul letusan yang terjadi di Gunung Lokon pada Rabu (26/10/2011) pukul 17.19 Wita. "Terjadi letusan asap kelabu tebal, 1.200 meter dari kawah, dan tertiup angin ke arah barat daya," katanya.

Dia juga mengatakan, letusan tersebut diikuti lontaran material pijar sejauh 800 meter di sekitar Kawah Tompaluan. "Disusul letusan kedua pada pukul 17.30 Wita dengan ketinggian asap letusan 500 meter dari Kawah Tompaluan," katanya.

Surono menambahkan, berdasarkan laporan yang dia terima, belum ada korban jiwa akibat letusan Gunung Lokon tersebut. "Kami belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa pada peristiwa letusan tersebut," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya memberikan rekomendasi bahwa zona aman adalah 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan. "Kami juga menetapkan status Gunung Lokon masih Siaga," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com