Sukseskan SEA Games, Anjing Liar Dibasmi - Kompas.com

Sukseskan SEA Games, Anjing Liar Dibasmi

Irene Sarwindaningrum
Kompas.com - 25/10/2011, 13:04 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com — Dengan alasan menyukseskan SEA Games XXVI di Palembang, Sumatera Selatan, Dinas Peternakan Sumatera Selatan mencanangkan program pembasmian anjing-anjing liar di sekitar Jakabaring, Palembang. Pembasmian anjing dengan racun mematikan ini direncanakan berlangsung mulai Sabtu (29/10/2011) malam.

Kepala Dinas Peternakan Sumatera Selatan Asrillazi Rasyid mengatakan, pembasmian anjing liar dilakukan karena anjing liar dikhawatirkan menggigit manusia di sekitar kawasan Jakabaring yang akan dihadiri ribuan tamu asing itu.

"Kami akan menggunakan makanan yang telah dibubuhi racun untuk membasmi anjing-anjing liar ini," katanya di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (25/10/2011).

Sasaran pembasmian adalah anjing-anjing yang masih berkeliaran pada malam hari. Para pemilik anjing diimbau untuk menjaga anjing miliknya pada malam hari. Surat edaran terkait hal itu mulai dibagikan Selasa siang ini kepada masyarakat di sekitar Jakabaring.

Menurut Asrillazi, pembasmian anjing liar akan berlangsung hingga SEA Games berlangsung. Selama ini, Dinas Peternakan Sumatera Selatan telah melakukan pembasmian anjing liar secara berkala. Anjing-anjing tersebut dibunuh sebagai antisipasi penularan rabies.

Saat ini, populasi anjing liar di Palembang diperkirakan berjumlah puluhan hingga ratusan ekor. Mereka terlihat mencari makan di jalanan pada malam hari. 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisIrene Sarwindaningrum
    EditorRobert Adhi Ksp

    Close Ads X
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM