Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Panas, Keluar Rumah Telanjang Dada

Kompas.com - 21/10/2011, 10:04 WIB

BOJONEGORO, KOMPAS.com — Para lelaki tidak memakai baju saat di rumah atau di luar mulai jadi pemandangan biasa dalam beberapa pekan terakhir di Bojonegoro, Jawa Timur. Ainur, warga Kecamatan Kapas, menyatakan, udara di sekitar rumahnya lebih panas dibanding di tempat lain karena berhadapan dengan rel kereta api.

Ia juga merasa Bojonegoro lebih panas ketimbang Tuban, Lamongan, dan daerah lain di sekitarnya. Untuk mengurangi suhu yang panas, Ainur memilih rutin menyirami halaman rumahnya.

Suryanto, warga Desa Sukorejo, Kecamatan Kota, juga mengatakan, dalam beberapa hari terakhir ini ia terpaksa menyirami halaman rumahnya dengan air. "Selain mengurangi panas, juga menghindari debu beterbangan," katanya.

Wahyu, warga Kota Bojonegoro, menyatakan, selama puluhan tahun tinggal di wilayah ini baru sekarang merasakan suhu udara paling panas. "Di dalam rumah saja tetap panas kalau hanya pakai kipas angin. Harus pakai AC," ujarnya.

Sejak ada beberapa perusahaan pengeboran minyak, kata Wahyu, udara di Bojonegoro memang terasa lebih panas dibanding sebelumnya. "Tapi, apakah mereka penyebabnya, saya tidak tahu," paparnya

Joko, juga warga kota, menyatakan, suhu udara memang panas. "Di luar, udara terasa sangat menyengat, sedangkan di dalam ruangan sangat sumuk (gerah) karena saya selalu lepas baju," ujarnya. Anak-anak, lanjut Joko, mulai suka tidur di lantai ruang tamu karena di kamar sangat gerah.

Seperti diberitakan, suhu udara di Kota Bojonegoro, Kamis (20/10/2011), mencapai 43,8 derajat Celsius. Hasil pengukuran yang dilakukan petugas Bagian Lingkungan Hidup Pemkab Bojonegoro menunjukkan bahwa suhu udara di tempat terbuka pada pukul 12.00 WIB kemarin mencapai 110,1 derajat Fahrenheit atau 43,8 derajat Celsius.

Rekor suhu udara di Bojonegoro yang mencapai 43,8 derajat Celsius ini melampaui Makkah di Saudi Arabia yang memang terkenal panasnya. Catatan timeanddate.com, Kamis (20/10/2011) menunjukkan bahwa suhu udara di kota suci itu mencapai 40 derajat Celcius (pukul 14.29 waktu setempat). Ini melampaui suhu di Doha 38 derajat Celcius (pukul 14.43), Madinah 36 derajat Celcius (pukul 14.31), dan Riyadh 36 derajat Celcius (pukul 14.30).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com