Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semarang-Ungaran Retak Lagi

Kompas.com - 05/10/2011, 05:15 WIB

Ungaran, Kompas - Jalan Tol Semarang-Ungaran kini retak lagi. Kasus itu terjadi di Kilometer 21, yakni di ruas Susukan-Beji, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Keretakan tersebut sejauh 8 meter dengan lokasinya kurang lebih 50 meter arah selatan Jembatan Penggaron.

Komisaris Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ) Danang Atmodjo ketika dikonfirmasi mengenai keretakan itu, Selasa (4/10), mengatakan, kasus tersebut masih dalam proses penelitian. Untuk mengatasi masalah itu, pihaknya juga sudah melakukan penguatan jalan tol di area tersebut.

Ahli geologi dari Lembaga Konsumen Jasa Kontruksi Jateng, Dirmawan, menegaskan, kunci untuk mengatasi persoalan di jalan tol itu adalah melalui investigasi menyeluruh. ”Kenali struktur permasalahannya tidak hanya di bangunan konstruksi jalan tol, tetapi seluruh kawasan yang memengaruhi jalan tol,” ujarnya.

Jasa Marga

Melihat banyaknya persoalan yang dihadapi PT TMJ, anggota DPRD Jateng, Sasmito, mendorong diserahkannya pengelolaan penggalan pertama jalan Tol Seksi I ruas Semarang-Ungaran kepada PT Jasa Marga Tbk. Hal itu untuk mencegah kebangkrutan PT TMJ mengingat sejak ruas Tol Semarang-Ungaran dibangun tahun 2009 hingga kini belum bisa dioperasikan. Langkah tersebut dimungkinkan guna mendapatkan penyelesaian, baik secara teknis maupun manajemen, sehingga harapan masyarakat bisa menikmati jalan tol dapat segera terwujud.

”Memerhatikan kondisi dan struktur jalan tol di Semarang-Ungaran yang kerap mengalami kerusakan, perlu dicari formula khusus supaya jalan itu segera berfungsi. Jangan sampai jalan tol yang dibanggakan masyarakat Jateng ini terbengkalai,” ujar Sasmito. (who/son)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com