Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Krakatau Gempa 5.000 Kali dalam Sehari

Kompas.com - 03/10/2011, 16:36 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Gunung berapi Anak Krakatau menunjukkan peningkatan aktivitas yang dramatis dalam beberapa hari terakhir. Bila sehari-hari hanya gempa 5-6 kali, intensitas yang sama kini terjadi dalam hitungan menit.

Bahkan, pemantauan tanggal 2 Oktober, sudah terjadi 5.773 kali gempa selama 24 jam meski dengan kekuatan antara 0,5 hingga 1 skala Richter. Untuk hari ini, Senin (3/10/2011), sejak pukul 06.00-12.00, sudah terjadi 1.503 kali gempa.

"Ini berarti aktivitasnya meningkat dan berpotensi meletus. Namun, masih terlalu dini untuk menyebut bahwa Anak Krakatau bakal meletus," kata Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono.

Oleh karena itu, pihaknya sudah menaikkan status gunung berapi tersebut menjadi Siaga sejak 30 September mengingat penambahan aktivitas yang terjadi.

Saat disinggung mengenai dampak letusan bila hal itu memang terjadi, Surono tetap meminta semua tenang dan optimistis mengingat gunung itu berada di tengah lautan dan jauh dari pemukiman penduduk. Hanya saja, karena status siaga itulah, gunung tersebut tidak boleh didekati dalam radius 2 kilometer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com