Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Singapura Mencari Air Bersih

Kompas.com - 05/09/2011, 03:04 WIB

Cokorda Yudistira

Rabu (31/8) malam, pintu pelimpas saluran Tarum Barat ke saluran pembuang Kali Buaran di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, ambrol. Kondisi itu berdampak serius terhadap wilayah Jakarta. Ratusan ribu keluarga, termasuk rumah sakit, mengalami krisis air bersih.

Krisis air bersih di Jakarta terjadi akibat pasokan air baku dari Jatiluhur melalui saluran Tarum Barat, atau dikenal sebagai saluran Kalimalang, ke instalasi pengolah air bersih di Pejompongan, Jakarta, terputus sejak Rabu menyusul ambrolnya pintu air di Pondok Kelapa. Puluhan truk tangki air pun dikerahkan untuk menyuplai kebutuhan air bersih warga Jakarta sampai akhir pekan lalu.

Ketika meninjau perbaikan saluran Kalimalang, Sabtu (3/9), Wakil Gubernur Prijanto menyatakan, Jakarta tidak akan mengalami krisis air bersih apabila Jakarta punya cadangan sumber air baku air bersih.

Ancaman

Ancaman krisis air di Jakarta bukan persoalan baru, termasuk krisi air bersih yang terjadi dalam pekan ini. Pada acara Pekan Air Internasional Singapura (Singapura Water Week International/SIWW) 2011 di Singapura, awal Juli lalu, Direktur Pelayanan Operasional PT PAM Lyonnaise Jakarta (Palyja) Luc Martin mengingatkan, Jakarta mengalami ketergantungan pasokan air baku yang dipasok dari luar Jakarta, yakni dari Bendungan Jatiluhur (Jawa Barat) dan Tangerang (Banten).

Terkait itu, ujar Wakil Presiden Direktur Palyja Herawati Prasetyo, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus melakukan langkah-langkah strategis menjaga kualitas sumber air baku, air permukaan, sekaligus mengurangi pemakaian air tanah.

Kondisi Jakarta tak beda jauh dengan Singapura. Negeri ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih dari tampungan air hujan dan mengimpor dari Malaysia hingga tahun 2061.

Pada rangkaian Pekan Air Internasional Singapura 2011 di Suntec, Singapore, Pemerintah Singapura meresmikan kerja sama pembangunan pabrik desalinasi Tuaspring. Menurut Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Air Singapura Vivian Balakrishnan, pabrik itu merupakan bentuk kerja sama yang baik dengan swasta.

Desalinasi, atau penghilangan garam dan mineral dari air laut, menjadi pilihan strategis Singapura dalam menyediakan air bersih karena negara itu memang dikelilingi lautan. Desalinasi merupakan strategi Singapura untuk menjamin ketersediaan air bersih selain mengandalkan impor air dari Malaysia. Singapura mengolah air resapan dan air limbah domestik menjadi air bersih dengan menerapkan teknologi reverse osmosis. Teknologi ini untuk menghilangkan garam dan kotoran lainnya dalam air laut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com