Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terowongan di Bendungan Jatigede Selesai

Kompas.com - 03/08/2011, 15:34 WIB

SUMEDANG, KOMPAS.com - Proyek pembangunan bendungan Jatigede di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terus dikerjakan. Sebagai bagian pembangunan tersebut, telah diselesaikan pembangunan terowongan pengelak aliran Sungai Cimanuk.

Peresemian pemanfaatan terowongan tersebut dilakukan Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto, di proyek bendunhan Jatigede, Rabu (3/8/2011). Hadir dalam acara tersebut antara lain Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Bupati Sumedang Don Murdono.

Pembangunan terowongan pengelak dengan panjang 550 meter dan diameter 10 meter dimulai Oktober 2008. Joko Kirmanto mengatakan bahwa pengalihan aliran sungai Cimanuk ke saluran pengelak menjadi bagian penting untuk melanjutkan pembangunan bendungan utama. "Tanpa adanya terowongan ini pembangunan lain dari bendungan tidak bisa dilakukan," tambahnya.

Bendungan Jatigade dibangun dengan tipe timbunan batu inti tegak dengan tinggi bendungan 110 meter dan volume timbunan 6,7 juta meter kubik.

Waduk ini nantinya akan memiliki kapasitas air sebesar 980 juta meter kubik atau hampir 1 miliar meter kubik. Akan menjadi bendungan terbesar kedua setelah bendungan Jatiluhur 2,5 juta miliar kubik.

Bendungan Jatigede akan dapat mengairi 90 ribu hektar areal pertanian, penyediaan air bersih, pembangkit listrik tenaga air, dan pariwisata. Selain itu keberadaan bendunhan ini juga mendukung penyediaan air baku untuk industri. (Heru Sri Kumoro)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com