Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Yogyakarta, Gempa di Kebumen

Kompas.com - 05/06/2011, 21:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak lama setelah terasa di Kota Yogyakarta, getaran gempa terjadi di Kebumen, Jawa Tengah, yang berjarak sekitar 100 km. Gempa terjadi di Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (5/6/2011) sekitar pukul 21.02 WIB.

Menurut data yang dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan 3,7 skala Richter. Pusat gempa berada di darat, sekitar 8 km sebelah utara Kebumen atau tepatnya di koordinat 7,6 Lintang Selatan dan 109,67 Bujur Timur pada kedalaman 10 km.

Getaran gempa diperkirakan terasa dengan kekuatan III MMI (modified mercally intencity) di Kebumen.

Sebelumnya, gempa bumi kembali terasa di Kota Yogyakarta, Minggu sekitar pukul 18.40. Pusat gempa diketahui di pantai selatan Bantul.

Berdasarkan data yang dirilis BMKG, pusat gempa 19 kilometer barat daya Bantul. Pusat gempa tepatnya berada pada koordinat 8 Lintang Selatan dan 110,22 Bujur Timur di kedalaman 14 km.

Gempa tersebut berkekuatan 3,1 skala Richter. Getarannya terasa hingga Kota Yogyakarta dengan kekuatan II MMI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com