Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Semarang-Ungaran Siap

Kompas.com - 26/05/2011, 03:49 WIB

Semarang, Kompas - Proses pengerjaan ruas jalan tol Semarang – Solo, Jawa Tengah, di Seksi I Semarang–Ungaran yang sempat ambles beberapa bulan lalu, kini hampir selesai. Pihak Trans Marga Jateng menargetkan jalan tol baru itu bisa diuji coba saat arus mudik Lebaran, pertengahan Agustus.

Pekerjaan di ruas yang sebelumnya sempat ambles, tepatnya ruas Gedawang–Susukan sepanjang 800 meter kini sudah mencapai 90 persen.

Komisaris Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ), Danang Atmodjo, mengatakan, ada beberapa badan jalan yang tidak dibeton, dan sengaja hanya dilakukan pelapisan aspal, untuk mengurangi beban bagi lahan di bawahnya yang rawan longsor.

Di lokasi jalan tol yang merupakan tanah urukan, pelaksana proyek menurunkan tinggi badan jalan rata-rata tujuh meter, sehingga ketinggiannya saat ini sekitar 10-15 meter. Dari panjang 800 meter itu, sekitar 200 meter pengerasan jalan tidak menggunakan metode beton, tapi langsung pengerasan dengan pengaspalan hot mix.

”Untuk jalan tol lainnya di ruas itu, tetap menggunakan pengerasan beton untuk mencegah ruas tol di Gedawang tidak mudah longsor,” ujar Danang.

Danang memperkirakan, pengerjaan konstruksi jalan tol di Gedawang secara teknis selesai hingga Juni mendatang. Setelah itu, pihaknya akan melaporkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan mengenai kesiapan jalan tol sepanjang 14,1 km itu.

Anggota Komisi D (Pembangunan) DPRD Jawa Tengah, Sasmito D, menyatakan, pengerjaan ruas tol yang ambles itu sebaiknya tidak tergesa-gesa.

Pihak pelaksana, katanya, tidak perlu pasang target, karena khawatir pengerjaan tidak tuntas.

Ketua Presidium Lembaga Konsumen Jasa Konstruksi (LKJK) Jateng, Robert J Kodoatie, mengingatkan, pengerjaan ruas tol di Gedawang tidak bisa hanya mengurangi urukan begitu saja.

Buruk

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com