Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Tambah Frekuensi Pemadaman Listrik

Kompas.com - 02/03/2011, 21:23 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - PT PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) meningkatkan durasi pemadaman bergilir di Kota Pekanbaru dari dua jam menjadi sembilan jam per hari menyusul dilakukan perluasan jaringan.

"Ada beberapa pekerjaan seperti perluasan jaringan yang sedang dilakukan, sehingga pemadaman di sebagian Pekanbaru berlangsung delapan hingga sembilan jam," ujar Manajer Humas dan SDM PT PLN WRKR, Suhatman, Rabu (2/3/2011).

Sejumlah warga Pekanbaru mengaku kesal dengan kebijakan pemadaman bergilir yang berlangsung pada Rabu,pukul 08.30-17.30 WIB, dan mereka juga khawatir jika nantinya kondisi listrik di Riau semakin memburuk seperti tahun 2009.

"Mulanya dua jam, kemudian sembilan jam. Jangan-jangan nanti menjadi 12 jam sehari, dan kalau sudah begitu, sama saja kondisi listrik di Riau tak ubah seperti dua tahun silam dengan pemadaman tiga kali sehari," ujar Eni (31), warga Panam, Pekanbaru.

Sari (25), warga lain berharap PLN tidak hanya pandai berjanji, tetapi bukti karena masyarakat di Riau telah lelah dengan pemadaman bergilir yang terus berulang-ulang terjadi di provinsi itu.

"Padahal Dirut PLN, Dahlan Iskan, telah berulang kali menjamin tidak ada lagi pemadaman bergilir di Indonesia," ujarnya.

Meski demikian, Suhatman belum bisa memastikan lamanya waktu pengerjaan yang dilakukan PLN Cabang Pekanbaru yang berujung pada pemutusan aliran listrik kepada konsumen yang didominasi pelanggan rumah tangga.

Menurutnya, perluasan jaringan terpaksa dilakukan seiring dengan meningkatnya penambahan sambungan baru kepada konsumen meski kondisi listrik di Riau kembali dalam status krisis dari sebelumnya, siaga.

Sebab, dalam 15 hari terakhir, PLN WRKR terpaksa melakukan pemadaman bergilir secara merata di Riau selama dua jam setiap hari hari pada waktu beban puncak di malam hari karena kekurangan pasokan daya.

"Ada tiga pembangkit PLN di Sumatera Bagian Selatan yakni Ombilin, Besai, dan Batang Hari harus overhaul (turun mesin) sehingga Riau kekurangan daya 150 MW. Dengan demikian, pemadaman pada pukul 18.00-20.00 WIB dan 20.00-22.00 WIB harus dilakukan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com