Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gen A Serahkan Bantuan ke Merapi

Kompas.com - 21/12/2010, 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekelompok pengusaha muda, politisi muda dan professional muda yang bergabung dalam GEN A menggelar gerakan Action for Nation untuk membantu proses rehabilitasi warga Sleman yang terkena bencana letusan Merapi hampir dua bulan lalu.

Kegiatan kali ini dilakukan Sabtu-Minggu, 18-19 Desember 2010, di Dusun Balong Wetan, Desa Unggul Harjo Sleman, salah satu desa paling terkena dampak letusan Merapi. Aktivis Gen A yang turut bergabung dalam aksi sosial ini termasuk politisi muda Bima Arya Sugiarto, pengusaha muda Banyu Biru serta Reza Rajasa yang juga pengurus Kadin.

Pada aksi sosial kali ini, selain menyerahkan peralatan sekolah, GEN A juga menyerahkan dua unit motor pintar yang berfungsi sebagai perpustakaan keliling. Motor yang telah didesain sedemikian rupa ini diisi berbagai informasi, baik dalam bentuk buku, internet, maupun alat-alat permainan edukatif untuk anak-anak korban bencana.

"Motor pintar ini dimaksudkan agar masyarakat korban merapi dapat dengan mudah mengakses informasi terkait cara-cara untuk kembali menjalani hidup normal atau malah lebih baik dari sebelumnya" ujar Reza Rajasa melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (21/12/2010).

Banyu Biru menambahkan, "bagi anak-anak berbagai bacaan edukatif disediakan untuk meningkatkan semangat mereka untuk terus belajar".

Ditanya tentang GEN A yang didirikannya sejak 3 bulan yang lalu, Bima Arya sebagai Ketua Dewan Pembina menjelaskan, GEN A adalah kelompok pemuda lintas profesi dan latar belakang yang yang bergabung untuk membangkitkan semangat juang, kemandirian, dan kreatifitas untuk memberi solusi atas persoalan bangsa demi masa depan yang lebih baik. "Membangun bangsa ke depan harus mulai dari membangun karakter pemuda", tandasnya.

Kegiatan Sosial yang bertemakan Action For Nation ini akan terus dilakukan oleh GEN A sebagai upaya meningkatkan kepedulian pemuda atas berbagai permasalahan bangsa. 2 motor pintar yang telah diserahkan juga akan terus diberi dukungan operasional agar dapat terus dimanfaatkan.

Motor-motor pintar yang lain juga sedang disiapkan oleh GEN A untuk disebar di daerah-daerah lain, tegas Bima Arya. Dalam pelaksanaan program ini 40 aktivis GEN A khusus datang dari Jakarta dan menginap di rumah warga setempat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com