Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkitkan Wisata Yogyakarta

Kompas.com - 03/12/2010, 05:07 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS - Meskipun status Gunung Merapi masih Awas dan bahaya banjir lahar dingin masih mengancam Kali Code, Kota Yogyakarta tetap aman dan nyaman dikunjungi. Karena itu, wisatawan tidak perlu takut berkunjung. Guna menunjukkan Yogyakarta tetap nyaman dan aman, Pemerintah Kota Yogyakarta bersama berbagai komunitas warga akan menggelar Kenduri Jogja ”Ayo Datang ke Jogja”.

Kenduri massal itu akan diadakan hari Minggu (5/12) sekitar pukul 06.00 di Titik Nol Kilometer atau perempatan Kantor Pos Besar Yogyakarta dan sepanjang Jalan Ahmad Yani dan Malioboro, Yogyakarta. Tumpeng raksasa setinggi 1 meter akan dibuat untuk kenduri ini. Tumpeng akan diarak dari Keraton Yogyakarta dan dikawal pasukan keraton menuju Titik Nol Kilometer.

”Kenduri ini untuk recovery pariwisata Yogya. Karena itu, temanya 'Ayo ke Jogja',” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Yulia Rustiyaningsih, dalam acara Bincang Santai Peduli Pariwisata Kota Jogja yang digelar Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta, Rabu (1/12) malam di Lesehan Malioboro.

Yulia menuturkan, acara Kenduri Jogja itu ingin membuka mata semua pihak bahwa Yogyakarta tetap aman dan nyaman untuk dikunjungi. Komunitas-komunitas warga diharapkan berpartisipasi membawa tumpeng (nasi putih), lengkap dengan gudangan atau urap dan telur rebus, sendiri-sendiri. Tumpeng-tumpeng itu selanjutnya dinikmati bersama-sama oleh masing-masing komunitas masyarakat. ”Kenduri ini akan dipimpin Sultan Hamengku Buwono X,” kata Yulia.

Kepala Bagian Humas Pemkot Yogyakarta Herman Edy S mengatakan, acara Kenduri Jogja terbuka bagi seluruh komunitas masyarakat yang ingin bergabung, seperti RT/RW dan sekolah. ”Akan ada doa bersama dan deklarasi Jogja aman dan nyaman dikunjungi,” katanya.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, kondisi Yogyakarta tidak seperti diberitakan sejumlah media massa. Dalam sejumlah pemberitaan, Yogyakarta terkesan mencekam karena letusan Merapi dan banjir lahar dingin di Kali Code. Padahal, aktivitas pariwisata dan ekonomi kini sudah berjalan lancar. Pasar Beringharjo, lesehan, dan pedagang kaki lima Malioboro tetap buka, demikian juga banyak hotel buka. Yogyakarta, tuturnya, aman dan nyaman dikunjungi wisatawan. ”Tidak ada alasan untuk tidak datang ke Yogya. Kami kini punya slogan ’Ayo ke Jogja,” katanya. (RWN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com