Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fadel: Insiden di Perairan Indonesia

Kompas.com - 15/08/2010, 20:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menyatakan bahwa insiden antara patroli Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau dan polisi Malaysia terjadi di perairan Indonesia.

"Terjadi di perairan Indonesia," kata Fadel Muhammad di Hotel JW Marriot, Jakarta, Minggu (15/8/2010) malam. Menurut Fadel, insiden tersebut terjadi di perairan Tanjung Berakit, Bintan, yang secara geografis masuk perairan Indonesia.

Ia menjelaskan, awalnya para nelayan Malaysia berada di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Namun, beberapa menit kemudian, kapal nelayan Malaysia itu masuk ke perairan Indonesia. Mengetahui itu, petugas DKP bergegas dan menangkap tujuh nelayan Malaysia berikut lima kapalnya untuk dibawa ke Sekupang, Kepulauan Riau.

Namun, beberapa menit kemudian, kapal polisi laut Malaysia mengejar dan mengadang sembari melepaskan tembakan peringatan di perairan Indonesia. Dan polisi laut Malaysia minta para nelayannya dibebaskan.

Petugas DKP Kepri tak memenuhi permintaan pihak Malaysia karena tak sesuai peraturan Indonesia. Apalagi secara jelas, nelayan Malaysia melanggar wilayah teritorial Indonesia. "Persoalan intinya, betul mereka mengambil ikan di perairan kita," tegas Fadel.

Karena tidak terjadi kata sepakat, lalu beralasan mengikuti Standar Operasi Prosedur (SOP) Malaysia, kapal polisi Malaysia membawa tiga petugas DKP ke Johor, Malaysia. Dan sebagian petugas DKP lainnya membawa para nelayan Malaysia ke Sekupang. "Tiga petugas kita ikut dengan sukarela, karena mereka bilang SOP-nya," kata Fadel.(Abdul Qodir)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com