Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tukar Pecahan Capai Rp 5 M Per Hari

Kompas.com - 12/08/2010, 18:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Animo masyarakat terhadap keberadaan jasa kas keliling untuk penukaran uang kecil yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia ternyata cukup besar. Hal ini terlihat dari besarnya uang pecahan kecil yang ludes ditukarkan oleh masyarakat melalui jasa kas keliling tersebut.

Tercatat, persediaan uang kecil yang dipersiapkan BI—Rp 3 miliar sampai Rp 5 miliar per hari—ludes diserbu masyarakat yang menukarkan uang.

Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah mengungkapkan, pelaksanaan jasa kas keliling yang dimulai kemarin menuai antusiasme tinggi dari masyarakat. "Banyak masyarakat yang memanfaatkan, dan persediaan uang kecil yang dipersiapkan ludes," ujarnya, Kamis (12/8/2010).

Dengan ketersediaan uang kecil sebanyak itu, masyarakat bisa leluasa menukarkan uangnya tanpa perlu khawatir kehabisan.

Seperti sudah diberitakan KONTAN sebelumnya, dalam Ramadhan tahun ini, BI mulai menggelar jasa kas keliling hampir setiap hari untuk melayani permintaan masyarakat umum yang ingin menukarkan uangnya menjadi uang pecahan kecil sejak bulan puasa dimulai.

Saat ini ada tujuh mobil operasional yang berkeliling di titik-titik keramaian, yaitu di pusat perbelanjaan, stasiun kereta api, dan kawasan ramai lainnya. BI juga menyasar para pengguna jalan tol dengan menyediakan jasa kas keliling di rest area tol.

Tak hanya itu, 10 bank juga digandeng untuk memenuhi permintaan masyarakat atas uang kecil yang melonjak tajam setiap menjelang Idul Fitri. "Total ada 50 cabang keseluruhan dari 10 bank tersebut yang bisa melayani nasabah yang ingin menukarkan uang," katanya. (Ruisa Khoiriyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com