Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dominggus, Bintang Iklan yang Tak Punya Listrik

Kompas.com - 22/07/2009, 17:38 WIB

KOMPAS.com — "Sekarang, sumber air su dekat...." Masih ingat kalimat dari penggalan iklan program sosial Danone Aqua itu? Masih ingat jugakah Anda pada wajah bocah yang melontarkan kalimat tersebut? 

Dialah Dominggus Kabnani (15), yang saat ini adalah siswa kelas I SMP Nenotes, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur. Saat iklan itu dibuat tahun 2008, Dominggus baru kelas VI SD.

Gara-gara iklan itu pula, Dominggus yang tinggal bersama orangtuanya di Dusun II Suni, Desa Suni, Kecamatan Noebana, Kabupaten TTS, itu menjadi terkenal. Di Kupang, ibu kota NTT, "sekarang, sumber air su dekat" lebih sering terdengar dari ponsel warga. Suara Dominggus yang "Timor banget" itu laris sebagai RBT alias ring back tone atau nada tunggu.

Akan tetapi, bocah berkulit hitam dan berambut keriting itu ternyata jarang menonton TV alias jarang melihat aktingnya. Sebab, tak ada listrik di dusunnya. Paling, ia nonton TV saat ia ke Soe, ibu kota kabupaten, yang jaraknya sekitar 80 km. Atau, ketika dia nonton rekamannya lewat pemutar video, dengan catatan mesti menghidupkan genset yang tak dimiliki keluarganya juga. 

Setelah program penyediaan akses air bersih oleh Danone Aqua rampung, apa perubahan kebiasaan Dominggus? "Sekarang saya mandi tiga kali sehari. Dulu dua hari sekali. Dulu harus jalan satu kilo untuk ambil air dengan jeriken, sekarang tinggal jalan 200 meter, dan buka keran," ujarnya riang.

Syuting iklan ternyata menyenangkan baginya. Bocah pemalu yang masih berekspresi wajah tegang kalau dijepret kamera ini bercita-cita menjadi bintang film. Hm, kalau dia jadi bintang film, nama dusunnya bakal lebih terkenal, dan kalau sudah begitu, barangkali ada harapan dusunnya "dijamah" listrik dan aspal.

Dengan begitu, Dominggus bisa bilang, Sekarang sumber listrik dan aspal su dekat.... Semoga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com