Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Libur Daop VII Surabaya Tak Tambah Kereta

Kompas.com - 21/06/2009, 11:37 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — PT Kereta Api (PTKA) Daerah Operasi (Daops) VIII Surabaya tidak menambah rangkaian kereta api (KA) saat liburan sekolah, meski lonjakan penumpang akan terjadi.
     
"Kami tidak akan menambah rangkaian. Yang kami operasikan tetap kereta reguler," kata Kepala Humas PT Kereta Api (PTKA) Daerah Operasi (Daops) VIII Surabaya Sugeng Prijono, Minggu (21/6).
     
PTKA, lanjut dia, hanya akan memaksimalkan sejumlah rangkaian kereta api untuk jarak menengah dan jarah jauh. "Langkah kami hanya bisa memaksimalkan sejumlah kereta api dengan menambah gerbong penumpang untuk kereta jarak jauh dan jarak menengah," katanya.
     
Ia menyebutkan, jika pada hari biasa, rangkaian kereta api jarak jauh dan jarak menengah hanya terdiri atas enam gerbong penumpang, maka pada saat musim libur ditambah satu gerbong penumpang. Berbeda dengan musim libur Lebaran, PTKA selalu menambahkan rangkaian kereta api.
     
"Pada musim liburan sekolah lonjakan penumpang hanya sekitar lima persen, tidak seperti pada saat lebaran," katanya. Ia memperkirakan, kepadatan penumpang pada musim libur sekolah baru akan terasa mulai 28 Juni hingga 12 Juli 2009.
     
Meskipun demikian, untuk tiket pada jadwal keberangkatan tanggal tersebut sudah hampir habis dipesan. "Sekarang ini banyak pengguna jasa kereta api yang berangkat rombongan, pada tanggal tersebut sudah ada 30 rombongan untuk tujuan Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com