Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irsanudin Sagala Jadi Wabup Lamsel

Kompas.com - 23/04/2009, 00:39 WIB

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Irsanuddin Sagala terpilih sebagai Wakil Bupati Lampung Selatan (Lamsel) dalam sidang paripurna DPRD setempat yang mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan.
   
Pada sidang yang dilaksanakan Rabu (22/4), merupakan sidang kedua DPRD setempat untuk hal serupa. Sebelumnya, pada sidang pertama pada 23 Februari lalu, DPRD memilih Risman Sesunan sebagai Wabup Lamsel, menggantikan Wendi Melfa yang naik sebagai bupati.
   
Namun, Mendagri menganulir hasil tersebut, sehingga pihak DPRD setempat melakukan pemilihan ulang.
   
Sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Lamsel Sumadi itu, dihadiri 21 anggota termasuk ketua, sedangkan anggota seluruhnya berjumlah 44 orang.
   
Rapat tersebut sempat ditunda setengah jam, dan Sumadi menjelaskan bahwa sidang tersebut merupakan rangkaian sidang tanggal 23 Februari yang tertunda. "Saat itu, saya memutuskan untuk menunda rapat paripurna, dan sekarang saya membukanya kembali," kata dia.
   
Ketua DPRD Lamsel itu membacakan langsung surat masuk antara lain dari Depdagri Nomor 132.18/902/OTDA tertanggal 7 April yang ditandatangani Dijten Otda S Situmorang, yang menyebutkan pemilihan Wakil Bupati Lamsel 23 Februari lalu cacat hukum, sehingga menjadi landasan pemilihan lagi hari ini.
   
Namun, dari dua calon yang sempat mencuat yaitu Irsanudin Sagala dan Risman Sesunan, yang hadir hanya satu yakni Irsanudin Sagala, dan seluruh anggota dewan memilihnya.
   
Usai pemilihan, seluruh anggota dewan dan undangan memberikan ucapan selamat kepada Irsanudin. Namun, Bupati Lampung Selatan Wendi Melfa dan sejumlah kepala dinas di Pemprov Lamsel tidak hadir.
   
Sumadi menjelaskan, bahwa proses pemilihan ulang wakil bupati tersebut akan segera secepatnya diserahkan kepada Mendagri melalui Gubernur Lampung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com