Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standardisasi Agar Diajarkan di Perguruan Tinggi

Kompas.com - 23/10/2008, 21:50 WIB

SOLO, KAMIS - Badan standardisasi nasional (BSN) berharap materi tentang standardisasi diajarkan di perguruan-perguruan tinggi. Untuk saat ini, mata kuliah Standardisasi baru diajarkan di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Pengajaran mata kuliah standardisasi dimulai dua tahun lalu di program studi Teknik Industri Fakultas Teknik Undip.

Kepala BSN Bambang Setiadi mengatakan, pihaknya berharap perguruan tinggi memberi perhatian lebih serius terhadap masalah standardisasi. Ia menilai jumlah sumber daya manusia yang mengerti masalah standardisasi masih sangat minim.

"Kalangan akademisi menjadi mitra BNS dalam merumuskan standar bersama dengan unsur pemerintah, produsen, dan konsumen. Kami berharap lebih banyak dari kalangan akademisi yang mengerti tentang standardisasi. Terlebih karena mereka juga menjadi unsur dalam panitia teknis perumusan standar," ujar Bambang, Kamis (23/10).

Di Undip Semarang, kata Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN Dewi Odjar Ratna Komala, mata kuliah standardisasi kini tidak hanya diajarkan di program studi Teknik Industri tetapi juga di Fakultas Pertanian, Perikanan, Hukum, Ekonomi, dan Sastra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com