Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kartinian" ala Nelayan Polewali

Kompas.com - 21/04/2012, 09:02 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Beragam cara dilakukan warga untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh hari ini, Sabtu (21/4/2012). Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, warga memperingati Hari Kartini dengan menggelar lomba perahu tanpa motor yang diikuti petani dan nelayan.

Ribuan warga berkerumun di sekitar Pantai Mampie, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, untuk menyaksikan lomba ini. Cuaca panas dan terik matahari yang membakar kulit tak membuat ribuan warga dari sejumlah pulau meninggalkan bibir pantai.

Meski hanya mendapatkan piagam penghargaan, bingkisan barang, dan ucapan terima kasih sebagai hadiahnya, antusiasme peserta lomba tidak berkurang. Inilah semangat para nelayan dan petani rumput laut dalam memperingati Hari Kartini. Acara yang digelar setiap tahun ini diharapkan dapat membangun kekerabatan warga antarpulau di Polewali.

Penilaian lomba tak hanya diberikan kepada mereka yang paling cepat mencapai garis finish, tetapi juga kemampuan peserta melintasi rute-rute yang telah diberi tanda.

Ketua panitia pelaksana, Yusri, menyebutkan, lomba yang mayoritas dihadiri anak muda ini diharapkan bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan wilayah mereka sebagai daerah maritim yang layak menjadi pilihan wisata.

"Hadiah lomba tak penting sebab yang terpenting adalah kebersamaan dan ajang untuk mempromosikan daerah sebagai wilayah maritim yang layak jadi tempat hiburan para wistawan," tutur Yusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com