Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenang Peran Jenderal Gatot Soebroto, Perjalanan Biksu Thudong 2024 Dimulai dari Semarang

Kompas.com - 13/05/2024, 16:53 WIB
Muchamad Dafi Yusuf,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Perjalanan Bhikkhu atau Biksu Thudong Internasional 2024 akan dimulai dari Vihara Sima 2500 Buddha Jayanti, di Bukit Kassapa, Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Selanjutnya para Bhikkhu Thudong akan menuju Candi Agung Borobudur dan perjalanan diakhiri di Candi Muaro Jambi, Sumatera.

Baca juga: Puluhan Biksu Thudong Akan Jalan Kaki ke Candi Borobudur dan Muaro Jambi, Apa Tujuannya?

Koordinator Bhikkhu Thudong 2024 Kota Semarang, Wahyudi Santiphala, mengatakan, perjalanan Bhikkhu Thudong Internasional 2024 tidak dimulai dari Jakarta seperti tahun 2023.

"Pertimbangannya karena para Bhikkhu Thudong memenuhi undangan Gubernur Provinsi Jambi, untuk berkenan melakukan perjalanan thudong ke Candi Muaro Jambi," Wahyudi saat dikonfirmasi kompas.com, Senin (13/5/2024).

Dia menjelaskan, Vihara Sima 2500 Buddha Jayanti menjadi titik mula perjalanan Bhikkhu Thudong karena ada pertimbangan. Menurutnya, di wihara inilah untuk pertama kalinya berdiri Sima pada tahun 1959.

"Sima adalah tempat khusus upasampada (pengukuhan) bhikkhu baru. Dan di Sima inilah untuk pertama kalinya di tanah air dilaksanakan upasampada bhikkhu sesudah ratusan tahun rubuhnya Wilwatikta-Majapahit," paparnya.

Selain itu, juga mempertimbangkan faktor kesejarahan lainnya yakni terdapatnya peran dan jasa besar Jenderal Gatot Soebroto dalam mendukung Bhikkhu Ashin Jinarakkhita untuk mendirikan Vihara Sima 2500 Buddha Jayanti di Bukit Kassapa.

"Saat itu, Jenderal Gatot Soebroto menjabat sebagai Panglima Teritorial IV Jawa Tengah (sekarang Kodam IV Diponegoro)," kata Wahyudi.

Menurutnya, sejarah hubungan Jenderal Gatot Soebroto dengan Bhikkhu Ashin Jinarakkhita harus diingat.

"Beliau mempunyai hubungan dekat dengan Bhikkhu Ashin Jinarakkhita, Pelopor Kebangkitan Buddha Dharma di Nusantara," paparnya.

Diikuti 40 Bhikkhu

Perjalanan Bhikkhu Thudong Internasional 2024 akan diikuti 40 orang Bhikkhu Thudong yang terdiri dari 30 orang bhikkhu dari Thailand dan 10 orang bhikkhu dari Indonesia.

Baca juga: Hendak Lihat Biksu Thudong, Pengemudi Fortuner Malah Tabrak Pelari sampai Koma

Upacara pelepasan bakal dihadiri oleh Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, tokoh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng dan Semarang, tokoh lintas agama, sekitar 35 orang bhikkhu anggota Sangha di Indonesia, dan siswa-siswi serta mahasiswa-mahasiswi dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Semarang.

"Rabu 15 Mei 2024 rombongan Bhikkhu Thudong ada di Vihara Budhha Dipa Pakintelan, Gunungpati Semarang dan Kamis 16 Mei 2024 ada di Vihara Sima 2500 Budhha Jayanti Bukit Kesapa Semarang," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com