Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Mahasiswa Positif Covid-19 Usai Gathering, Untidar Larang Kegiatan Kemahasiswaan

Kompas.com - 14/06/2021, 18:45 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Khairina

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah, melarang semua bentuk kegiatan kemahasiswaan baik di dalam maupun di luar kampus yang menimbulkan kerumunan serta berpotensi terjadinya penularan Covid-19.

Ketentuan ini menyusul belasan mahasiswa Untidar positif terpapar Covid-19 usai mengikuti gathering di kawasan Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, 4-6 Juni 2021 lalu. 

Humas Untidar Magelang Kusuma Wardani menyebutkan, pihak kampus sudah mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor 1366/UN57/SE/DI.04.01/2021 per tanggal 10 Juni 2021 yang ditandatangani Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si

"Menimbang perkembangan penularan Covid-19 akhir-akhir ini serta merujuk SE no 1/UN57/SE/TU/2021 maka ditegaskan kembali bahwa semua kegiatan kemahasiswaan baik di dalam maupun di luar kampus yang menimbulkan kerumunan serta berpotensi terjadinya penularan Covid-19 ditiadakan," jelas Dani, mengutip SE tersebut, pada Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Pulang Gathering, Belasan Mahasiswa Untidar Magelang Positif Covid-19

Menurutnya, ketentuan tersebut berlaku sejak diterbutkan SE ini sampai dengan waktu yang belum ditentukan, menyesuaikan perkembangan situasi pandemi Covid-19 di wilayah Magelang, khususnya di kampus Untidar. 

Demikian halnya dengan Fakultas Teknik Untidar, yang juga mengeluarkan SE nomor 710/UN57.F5/K/HK.04/2021, agar semua dosen dan tenaga pendidik memberikan pelayanan kepada mahasiswa secara online. 

Kemudian semua kegiatan mahasiswa yang sifatnya mengumpulkan massa di dalam maupun di luar kampus ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Termasuk ujian skripsi, seminar proposal mode pelaksanaannya juga akan diumumkam kemudian oleh pihak kampus.

"Sedangkan untuk fasilitas gedung dan laboratorium untuk sementara ditutup, dan akan ditinjau ulang tidak dipergunakan hingga 29 Juni 2021," imbuh Dani.

Terpisah, Rektor Untidar Mukh Arifin mengatakan, di kampus protokol kesehatan diperketat. Kemudian, mahasiswa yang kemarin terlibat akan menjalani swab

“Di kampus protokol kesehatan diperketat, mahasiswa yang kemarin terlibat kegiatan akan dites swab,” katanya dalam pesan singkatnya.

Baca juga: 2.727 Peserta Lolos SBMPTN UNS, Ini Link Pengumuman, Jadwal, dan Persyaratan Daftar Ulang

Seperti diketahui, belasan mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah, positif terpapar Covid-19. Mereka dinyatakan positif berdasarkan tes cepat antigen, seusai mengikuti gathering mahasiswa Teknik Sipil, di kawasan Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr Intan Suharyati mengemukakan, gathering mahasiswa dilaksanakan ada 4-6 Juni 2021.

Setelah kegiatan, ada seorang mahasiswa bergejala dan melakukan swab mandiri hasilnya positif. 

“Setelah itu 11 orang periksa juga ternyata positif, lalu tracing dari puskesmas dan dilakukan tes swab PCR ulang hasilnya 17 orang positif Covid-19, Mereka ini dari klaster gathering," ujar Intan.

Seluruh mahasiswa itu termasuk pasien tanpa gejala (OTG) yang semula isolasi di Mess Cipta Karya kemudian di pindah ke Hotel Borobudur.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com