Kompas.com - 14/06/2013, 03:07 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Beberapa warga di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat, panik, ketika dua gempa terjadi beruntun, Kamis (13/6/2013) malam. Warga langsung berlarian keluar rumah ketika kedua gempa bersusulan tak berselang lama.

Sesuai informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dua kali gempa itu terjadi di barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa pertama terjadi sekitar pukul 23.47 WIB, dengan kekuatan 6,5 skala Richter di kedalaman 57 kilometer dengan lokasi di 10.35 LS-107.04 BT.

Adapun gempa kedua terjadi pada Jumat (14/6/2013) dini hari sekitar pukul 00.24 WIB, dengan kekuatan 5,5 skala Richter di kedalaman 218 kilometer dengan lokasi di 8.77 LS-107.72 BT. Kedua gempa tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Gempa yang pertama sangat dirasakan oleh sebagian warga di wilayah Tasikmalaya. Seperti dikatakan Jajang (45), warga Kelurahan Cipari, Kecamata Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Ia mengaku langsung menyuruh keluarganya yang sedang tertidur lelap untuk keluar rumah.

Pasalnya, meskipun guncangan hanya beberapa detik, tetapi sangat terasa. Terlebih pada saat gempa Jajang masih terjaga, sedang menonton televisi di rumahnya. "Saya, istri, dan anak saya langsung keluar rumah. Getarannya terasa gede, sampai akuarium ikan hias di rumah saya airnya tumpah. Makanya saya langsung membangunkan istri dan anak saya untuk keluar rumah," tutur dia.

Sampai dengan saat ini, pemerintah setempat belum mendapatkan laporan kerugian akibat terjadinya dua kali gempa di Tasikmalaya. Namun, sesuai informasi, guncangan gempa hampir terasa di seluruh daerah Jawa Barat. "Belum ada laporan kerugian dan korban jiwa akibat gempa ini," singkat Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya H Kundang Sodikin, Jumat dini hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.