Kompas.com - 13/06/2013, 18:37 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

MAKASSAR, KOMPAS.com — Puluhan preman terlibat tawuran di sekitar lokasi sengketa Hotel Pena Mas, Jalan Hertasning, Makassar, Kamis (13/6/2013) petang, bersamaan waktunya dengan bentrokan antara mahasiswa dan aparat kepolisian di depan Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo.

Kelompok preman tersebut membakar lima unit becak motor (bentor) yang terparkir di pinggir jalan. Belum diketahui persis siapa pemilik bentor tersebut. Bentrokan antardua kelompok preman terjadi sekitar 30 menit.

Bentrokan ini dipicu sengketa kepemilikan Hotel Pena Mas yang kini berstatus pailit. Puluhan orang yang diduga dari kelompok Herry—pemilik hotel yang dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Makassar—tiba-tiba melakukan penyerangan ke arah Hotel Pena Mas.

Massa datang dari arah Timur ke Barat. Mereka melancarkan protes karena seharusnya hotel tersebut dikosongkan menyusul status tahap lelang.

Sebelum tiba di depan Hotel Pena Mas, massa ini membanting dan merusak sejumlah gerobak, lapak jualan di sepanjang jalan yang dilalui. Dengan berbekal balok kayu, parang, panah, massa yang bertahan di Hotel Pena Mas melakukan serangan balasan. Mereka diduga adalah eks karyawan hotel dan juga pemuda yang diduga preman bayaran.

Puncaknya, aksi saling panah pun tak terhindarkan. Bentrokan berhasil diredam setelah beberapa aparat kepolisian yang melintas di lokasi kejadian melepaskan tembakan peringatan ke udara. Namun, saat polisi sibuk memukul mundur kelompok preman bayaran, kelompok preman bayaran lain yang berada di Hotel Pena Mas pun memanfaatkan situasi tersebut dengan membakar lima becak motor yang terparkir di pinggir jalan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.