Kompas.com - 10/06/2013, 11:54 WIB
EditorTri Wahono

KUPANG, KOMPAS.com — Semua penumpang pesawat Merpati Nusantara Airlines yang tergelincir di Bandara El Tari, Kupang, Senin (10/6/2013) sekitar pukul 10.15 Wita, dipastikan selamat.

"Sebanyak 46 penumpang, termasuk bayi serta empat orang awak pesawat, selamat dari insiden tersebut. Tapi ada penumpang yang mengalami shock sehingga harus dilarikan ke RS TNI AU tak jauh dari lokasi kejadian di ujung barat landasan pacu," kata Kepala PT (Persero) Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang Imam Pramono.

Ia mengatakan, penyebab terjadinya insiden pesawat Merpati tersebut sampai tergelincir belum diketahui, mengingat masih perlu dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh pihak berwenang.

Pesawat yang tergelincir terbang dari Bandara Soa Bajawa di Pulau Flores. Komandan Pangkalan TNI AU El Tari Kupang Letkol Pnb Eko Dono Indarto mengatakan, pihaknya langsung memberikan garis polisi di lokasi kejadian untuk kepentingan penyelidikan.

"Kami belum tahu sebab terjadi insiden tersebut sehingga perlu dilakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahuinya," katanya

Menurut para saksi mata, pesawat Merpati tersebut langsung berhenti di tempat saat roda depan menyentuh landasan pacu ketika proses mendarat. Akibatnya, pesawat tersebut tergelincir ke luar landasan pacu.

"Saya kaget ketika mendengar ledakan. Mungkin terjadi benturan keras saat mendarat sehingga tergelincir keluar landasan pacu," kata Benny Lapebesi, seorang warga setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.