Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Sumbangan, Ibunda Bocah Hidrosefalus Gemetar

Kompas.com - 07/06/2013, 16:00 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Reski Amelia (6), bocah penderita hidrosefalus, mendapat sumbangan uang Rp 7.980.000 dari pembaca Kompas.com untuk biaya operasi, Jumat (7/6/2013).

Asma (38), ibunda Reski, bocah yang menerima sumbangan, tampak gemetar sambil menghitung uang tersebut disaksikan keluarga dan aparat desa setempat. Asma yang sempat frustrasi mengobati anaknya karena masalah biaya seolah tak percaya mendapat uluran tangan yang tidak disangka-sangka sebelumnya.

Asma kepada Kompas.com mengaku, uang sumbangan ini akan dipakai untuk memeriksakan kembali Reski Amelia ke dokter. Anak simata wayangnya ini sudah enam tahun hanya bisa terbaring di tempat tidur.

Dia berharap dana bantuan yang ada di tangannya kelak bisa mencukupi untuk biaya operasi penyembuhan anaknya. Sejak tiga bulan setelah terlahir, kepala Reski Amelia mulai membesar hingga ukurannya melebihi dua kali lipat bola sepak.

Asma yang sempat menimbang berat badan dan kepala anaknya beberapa saat lalu mencatat, berat kepala anaknya 14 kilogram atau lebih berat dari badannya yang tidak lebih dari 10 kilogram. Jangankan bisa berjalan dan bermain-main, menggerakkan badan dan kepalanya saja sulit.

Orangtua Resky sempat putus asa dalam berusaha mengobati anaknya karena kendala biaya. Reski bahkan sempat ditangani belasan dukun kampung yang diyakini bisa memyembuhkan penyakitnya. Namun, Reski tak kunjung sembuh.

Reski, putri dari pasangan Jafar dan Asma, lahir normal di Malaysia. Tiga bulan kemudian, kepalanya mulai mengalami kelainan. Makin lama ukuran kepala reski makin membesar. Anehnya kepala Reski ternyata lembek.

"Meraba kepala Reski sama seperti meraba dan memegang perut," kata Asma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com