Kompas.com - 05/06/2013, 16:38 WIB
|
EditorFarid Assifa

LUWU TIMUR, KOMPAS.com — Polisi di Luwu Utara makin memperketat penjagaan wilayahnya dari serangan teroris pasca-bom aksi bunuh diri di Mapolres Poso pada Senin (3/6/2013) lalu.

Bahkan, petugas sampai memeriksa setiap penumpang kapal yang turun di dermaga penyeberangan perahu Danau Matano, Kecamatan Nuha, yang dijadikan sebagai jalur penghubung antara Provinsi Sulawesi Selatan dan beberapa daerah di Sulawesi Tengah.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, hampir setiap warga yang menggunakan perahu penyeberangan dipeiksa satu per satu. Selain memeriksa identitas sepeti kartu tanda penduduk (KTP), polisi bersenjata lengkap juga mengecek tas dan koper milik penumpang.

Pemeriksaan ketat ini dilakukan guna mencari jaringan teroris Poso yang tidak menutup kemungkinan lari dan melintasi Kabupaten Luwu Timur. Sekadar diketahui, jalur penyeberangan perahu Danau Matano berbatasan langsung dengan Morowali dan Bungku, Sulawesi Tengah. Jalur danau ini sejak dahulu dijadikan sebagai jalur utama selain jalan darat di Tambangan, Kecamatan Mangkana, yang berbatasan dengan wilayah Pendolo, Tentena, dan Poso.

"Pemeriksaan ini kami lakukan guna memperkecil ruang gerak jaringan teroris. Hal ini juga untuk mengantisipasi adanya pelaku teroris yang lari dan melewati Luwu Timur," ungkap Kapolsek Nuha Kompol Kafrawi Husain saat mengawasi jalannya pemeriksaan di dermaga penyeberangan perahu, Rabu (5/6/2013).

Kafrawi menambahkan, Polres Luwu Timur tidak hanya melakukan penjagaan ketat di dermaga penyeberangan, tetapi juga menyiagakan personel bersenjata lengkap di jalur darat, yakni di pos di Desa Tambangan, Kecamatan Mangkutana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.