Kompas.com - 05/06/2013, 15:48 WIB
|
EditorFarid Assifa

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar, Sumatera Utara akhirnya menjatuhkan vonis 2 bulan 6 hari kurungan terhadap YS (11) dan RS (RS), dua bocah pencuri BlackBerry (BB) dan laptop dalam sidang yang digelar, Rabu (5/6/2013).

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Pematangsiantar yang sebelumnya menuntut kedua bocah 3 bulan penjara dalam sidang di ruang sidang anak PN Pematangsiantar, Selasa (4/6/2013).

Sidang agenda putusan dipimpin hakim tunggal Roziyanti, dihadiri jaksa Ronald Nainggolan dan kuasa hukum kedua bocah, Tumpal Sinaga berlangsung sekitar setengah jam lebih.

Hakim Roziyanti dalam amar putusannya menyebutkan kedua bocah terbukti secara sah melakukan pencurian satu unit BlackBerry dan satu unit laptop milik Rima Novita Panjaitan, warga yang ngontrak di Jalan Medan Area Pematangsiantar. Kedua bocah warga Pematangsiantar ini melakukan pencurian pada Maret 2013.

"Kepada terdakwa satu dan dua, dijatuhi hukuman 2 bulan 6 hari kurungan. Dan melalui putusan ini keduanya diperintahkan untuk dikeluarkan dari rumah tahanan karena telah menjalani masa hukuman," kata Hakim Roziyanti dalam amar putusannya.

Seusai sidang, Roziyanti ketika ditanya alasan kedua anak harus dipidana, mengatakan sebelumnya ada kesalahan dari penyidik, dimana keduanya tidak harus ditahan.

"Jika sebelum kita vonis ada tindakan, sementara mereka sudah menjalani masa tahanan, nanti jadi bermasalah. Jadi vonisnya dikurangkan saja dengan masa tahanan yang dijalani dan akhirnya mereka bebas," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.