Kompas.com - 04/06/2013, 14:50 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SEMARANG, KOMPAS.com — Berdasarkan hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Jawa Tengah, pasangan calon gubernur Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko mendapatkan suara terbanyak. Jumlah suara Ganjar-Heru sebanyak 6.962.417 suara sah atau 48,82 persen suara pada pemilihan gubernur 26 Mei lalu.

Hal itu diketahui melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kantor KPU Daerah Jawa Tengah, Selasa (4/6/2013).

Jumlah suara pasangan Ganjar-Heru jauh lebih banyak dibanding dua rivalnya. Gubernur petahana yang juga calon gubernur Bibit Waluyo dan pasangannya Sudijono Sastroatmodjo mendapatkan 4.314.813 suara atau dengan presentase 30,26 persen suara. Adapun pasangan nomor urut satu, Mantan Sekda Jateng Hadi Prabowo dan Don Murdono hanya memperoleh 2.982.715 suara sah atau 20,92 persen.

Jumlah perolehan ini tidak jauh berbeda dengan hasil quick count sejumlah lembaga survei atau perhitungan sementara KPU Daerah Jawa Tengah.

Ketua KPU Daerah Jawa Tengah M Fajar Subhi A K mengatakan jumlah suara sah pada pilgub kali ini yakni 14.259.945 suara. Sementara itu, total suara yang berpartisipasi sebanyak 15.261.268. "Total suara tidak sah sebanyak 1.001.323," ujarnya.

Dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 27.385.985, jumlah partisipasi warga pada pilgub kali ini dinilai meningkat. Pada Pilgub 2008 partisipasi sebesar 55,03 persen, dan pada pilgub kali ini meningkat menjadi 55,73 persen. "Jadi adanya dugaan partisipasi akan menurun ternyata tidak benar," tambahnya.

Fajar menambahkan, berdasarkan hasil rekapitulasi ini, akan dilakukan penetapan gubernur. Hasilnya baru akan diserahkan ke DPRD Provinsi Jawa Tengah pada pekan depan. "Menunggu tiga hari ini apakah ada keberatan dari pasangan calon lain," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.