Kompas.com - 02/06/2013, 16:08 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KENDAL,KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo- Sudijono, menang di Kabupaten Kendal. Berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan oleh KPUD Kendal, pasangan nomor 2 itu, memperoleh suara 142.670 suara.

Sementara itu, pasangan nomor 1, Hadi Prabowo-Don Murdono (HP-DON) menerima 85.806 suara, dan pasangan nomor 3, Ganjar-Heru, memperoleh suara 137.850 suara. "Masyarakat Kendal yang menggunakan hak suaranya, hanya 56,75 persen," kata ketua KPUD Kendal, Abdullah Sachur, Minggu (2/5/2013).

Sachur menjelaskan, partisipasi masyarakat Kabupaten Kendal dalam pilihan gubernur Jawa Tengah tahun ini, menurun kalau dibandingkan pilgub 5 tahun lalu. Pasalnya, di pilgub lalu, partisipasi masyarakat mencapai 69 %.

Penyebab menurunnya partisipasi masyarakat Kabupaten Kendal, salah satunya adalah banyaknya tenaga Kerja Indonesia yang tidak pulang. Sachur menjelaskan, pada dasarnya pihaknya sudah berhasil melakukan sosialisasi. Terbukti, masyarakat banyak yang tahu, bahwa pada tanggal 26 Mei, ada pilgub.

Masyarakat juga telah menerima undangan dari KPU untuk datang ke TPS. "Ada juga yang beranggapan, mereka tidak mau datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya, karena tidak ada yang memberi uang," kata Sachur.

Sachur menamabahkan, untuk pilihan legislatif pada tahun 2014 ke depan, kemungkinan partisipasi masyarakat akan bertambah, kalau dibandingkan Pilgub. Sebab dalam Pileg, banyak calon yang mempunyai massa sendiri dan otomatis mereka akan memotivasi masyarakat agar mau datang ke TPS. "Dalam Pileg, memang kecenderungan pemilih yang menggunakan hak pilihnya meningkat," akunya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.