Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Bibit-Sudidjono Menang di Kabupaten Kendal

Kompas.com - 02/06/2013, 16:08 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo- Sudijono, menang di Kabupaten Kendal. Berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan oleh KPUD Kendal, pasangan nomor 2 itu, memperoleh suara 142.670 suara.

Sementara itu, pasangan nomor 1, Hadi Prabowo-Don Murdono (HP-DON) menerima 85.806 suara, dan pasangan nomor 3, Ganjar-Heru, memperoleh suara 137.850 suara. "Masyarakat Kendal yang menggunakan hak suaranya, hanya 56,75 persen," kata ketua KPUD Kendal, Abdullah Sachur, Minggu (2/5/2013).

Sachur menjelaskan, partisipasi masyarakat Kabupaten Kendal dalam pilihan gubernur Jawa Tengah tahun ini, menurun kalau dibandingkan pilgub 5 tahun lalu. Pasalnya, di pilgub lalu, partisipasi masyarakat mencapai 69 %.

Penyebab menurunnya partisipasi masyarakat Kabupaten Kendal, salah satunya adalah banyaknya tenaga Kerja Indonesia yang tidak pulang. Sachur menjelaskan, pada dasarnya pihaknya sudah berhasil melakukan sosialisasi. Terbukti, masyarakat banyak yang tahu, bahwa pada tanggal 26 Mei, ada pilgub.

Masyarakat juga telah menerima undangan dari KPU untuk datang ke TPS. "Ada juga yang beranggapan, mereka tidak mau datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya, karena tidak ada yang memberi uang," kata Sachur.

Sachur menamabahkan, untuk pilihan legislatif pada tahun 2014 ke depan, kemungkinan partisipasi masyarakat akan bertambah, kalau dibandingkan Pilgub. Sebab dalam Pileg, banyak calon yang mempunyai massa sendiri dan otomatis mereka akan memotivasi masyarakat agar mau datang ke TPS. "Dalam Pileg, memang kecenderungan pemilih yang menggunakan hak pilihnya meningkat," akunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com