Kompas.com - 27/05/2013, 11:45 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksana Tugas Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah M Prakosa mengatakan bahwa capaian positif yang diraih Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013 merupakan hasil kerja keras mesin partainya. Peran Joko Widodo selaku anggota PDI Perjuangan juga ikut memengaruhinya.

"Lebih dari 260.262 mesin partai penggerak pemilih," kata Prakosa saat dihubungi, Senin (27/5/2013).

Di dalam mesin partai tersebut, kata Prakosa, Jokowi berperan besar karena ia menjadi juru kampanye Ganjar Pranowo. Selain itu, struktur partai dari tingkat pusat sampai daerah juga ikut bekerja dalam rangka memenangkan Ganjar di Pilgub Jateng.

"Tentu ada faktor Jokowi. Tapi, figur (Ganjar) yang bersih dan memiliki wawasan luas, diterima dengan baik, termasuk juga kita dapat dukungan masyarakat," ujarnya.

Berdasar perhitungan sementara KPU Daerah Jawa Tengah, Minggu (26/5/2013), pasangan Ganjar-Heru unggul dibandingkan dua pasangan lain. Kandidat nomor urut tiga itu mendapatkan 48,25 persen suara, sementara pasangan Bibit Waluyo-Sudijono Sastroamidjojo meraih 30,59 persen suara dan pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono mendapatkan 21,16 persen suara. Jumlah suara yang masuk di KPU kemarin sebanyak 67,24 persen atau sekitar 40.000 dari total sekitar 61.000 tempat pemungutan suara (TPS). Hasil ini dikirimkan dari masing-masing KPPS melalui pesan singkat pada nomor khusus.

Atas dasar itu, Ganjar mengaku sudah mulai menyusun konsep programnya. Hal itu dilakukan agar setelah dilantik nanti ia bisa segera bekerja untuk rakyat. Sejumlah tim utama yang disiapkan Ganjar adalah tim politik dan tim ekonomi. Ganjar juga berjanji akan segera ke Jakarta untuk membereskan pekerjaannya yang tersisa sebagai anggota DPR RI. Setelah itu, ia akan mengundurkan diri dari DPR dan berkonsentrasi di Jawa Tengah.

Beberapa hal yang dijanjikan Ganjar dalam kampanye ialah adanya kartu petani dan kartu nelayan. Kartu tersebut untuk menjamin agar subsidi pemerintah diterima oleh orang yang berhak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.