Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Ibu Berpesan Jangan Korupsi

Kompas.com - 27/05/2013, 04:41 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Calon Gubernur Jawa Tengah yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, mengatakan bahwa kemenangannya di Pemilu Gubernur Jawa Tengah merupakan wahyu yang turun di Jawa Tengah. Meski masih hasil perhitungan sementara, Ganjar yang berpasangan dengan Heru Sudjatmoko diperkirakan menang telak dalam Pemilu Gubernur Jawa Tengah, yang berlangsung pada Minggu (26/5/2013). Pesan ibunya menjadi janji yang akan dipegangnya bila menjabat kelak.

"Kalau dalam bahasa Jawa, Gusti Allah ngijabahi (Gusti Allah mengabulkan)," ujar Ganjar menyikapi hasil perhitungan sementara ini, di kantor DPD PDI Perjuangan, Minggu (26/5/2013) malam. Dia mengatakan, banyak ucapan selamat sudah "menyambangi" telepon genggamnya. Tak kurang 1.335 pesan singkat dan 111 telepon masuk yang belum sempat dia jawab.

"Belum sempat membalas satu per satu, saya juga belum tahu ini dari siapa saja," kata Ganjar. Dia pun mengaku sudah mendapatkan pesan dari sang ibunda, ayah, dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Dari sang ibu, Ganjar mendapat wejangan bahwa jabatan gubernur bukan barang rebutan semata. Ganjar diminta sang bunda untuk mengutamakan kepentingan rakyat. "Jangan sekali-sekali korupsi," ujar Ganjar menirukan pesan ibunya.

Ganjar mengatakan, ayahnya, yang sudah sepuh dan sudah kerap lupa, sempat pula membisikkan pesan untuknya. "Tadi sempat berbisik pada saya, bilang ini Merah Putih untuk republikmu," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan bahwa kemenangannya di Jawa Tengah adalah bukti Jawa Tengah masih merah total. "Tadi saya langsung telepon Ibu Ketua Umum dan beliau berpesan agar saya harus melaksanakan janji (selama kampanye) itu," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan bakal merangkul semua pihak demi kepentingan Jawa Tengah. Gubernur petahana Bibit Waluyo pun langsung dia hubungi, meski masih sama-sama sibuk dan belum bisa banyak mengobrol. Ia mengatakan akan sowan ke kandidat lain, yakni Bibit Waluyo dan Hadi Prabowo, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah.

Menurut Ganjar, agenda sowan itu merupakan bentuk komunikasi politik yang diharapkan bisa menciptakan suasana kondusif. Menurutnya, dua tokoh tersebut sudah lebih berpengalaman menangani Jawa Tengah sehingga bisa menjadi narasumbernya demi pembangunan Jawa Tengah yang lebih baik.

Atas kemenangannya ini, Ganjar mengatakan jika mesin PDI Perjuangan telah bekerja secara optimal. Selain itu, partai lain secara individu juga memberikan kontribusi yang tidak sedikit. Sebab itu, ia berharap mendapatkan dukungan demi melaksanakan semua yang menjadi program-programnya. "Ada yang berubah dari saya? Tidak kan? Seperti baju ini, Jawa Tengah merah total, ini adalah kemenangan kita semua," ujar dia, yang disambut sorak-sorai para pendukung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com