Kompas.com - 23/05/2013, 21:46 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengimbau kepada siswa siswi sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat untuk tidak rusuh saat menghadapi pengumuman kelulusan ujian nasional (UN), Jumat (24/5/2013) besok. Ia juga mengimbau kepada siswa untuk mengenakan pakaian adat untuk menghindari aksi corat-coret seragam dan fasilitas publik Ibu Kota.

"Sudah diimbau dari Dinas Pendidikan DKI ke sekolah-sekolah, besok dilihat semua," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis (23/5/2013).

Ia menyebutkan, langkah ini sengaja ditempuh untuk menekan perilaku negatif yang kemungkinan terjadi selepas pengumuman hasil UN. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan akan menjalankan arahan Jokowi untuk mengimbau kepada seluruh siswa SMA sederajat di Ibu Kota agar menggunakan baju adat saat pengumuman kelulusan.

"Sejalan dengan arahan Pak Gubernur, mulai tahun ini siswa siswi akan menggunakan pakaian adat mulai dari pengumuman kelulusan esok hari," kata Taufik.

Siswa siswi SMA, SMK, dan sederajat di Jakarta telah mengikuti UN pada 15 April 2013, sementara pelaksanaan UN pada 11 provinsi lain ditunda beberapa hari kemudian. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, meski ada penundaan pelaksanaan bukan berarti pengumuman hasil UN ikut tertunda. Hal ini mementahkan asumsi dari banyak pihak bahwa kacaunya pelaksanaan UN akan berpengaruh pada pengumuman hasil UN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.