Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 20 Miliar Dana PNPM untuk Warga Miskin Mesuji

Kompas.com - 20/05/2013, 19:26 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

MESUJI, KOMPAS.com — Sebanyak Rp 21 miliar dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan disalurkan di Mesuji untuk menekan angka kemiskinan di daerah itu. Sebagian besar dana ini dianggarkan dari APBD Mesuji.

Program-program yang terdiri dari PNPM Mandiri, PNPM Terintegrasi, dan Program Sai Bumi Serasan Segawe itu diluncurkan Bupati Mesuji Khamamik di Lapangan Desa Adi Mulyo, Kecamatan Pancajaya, Senin (20/5/2013).

Khamamik menjelaskan, jumlah dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) senilai Rp 20 miliar yang dikemas melalui program PNPM itu akan dialokasikan kepada masyarakat di tujuh kecamatan ujung utara Lampung ini. Dana sebesar itu berasal dari dua sumber, yaitu APBN sebesar Rp 5,5 miliar dan APBD Kabupaten Mesuji Rp 14,6 miliar.

"Ini adalah wujud komitmen dan dukungan terhadap PNPM Mandiri Perdesaan-Integrasi. Ini karena program ini menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas dan kelembagaan masyarakat. Dengan demikian, diharapkan terjadi pola pembangunan yang betul-betul berangkat dari bawah sehingga hasil pembangunan yang dilaksanakan akan benar-benar menjadi solusi atas persoalan riil yang dihadapi oleh masyarakat desa," papar Khamamik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com