Kompas.com - 18/05/2013, 15:02 WIB
Penulis Ahmad Arif
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

 

JAKARTA, KOMPAS.com- Gunung Merapi di Yogyakarta menghembuskan asap berwarna putih kehitaman, Sabtu (18/5/2013) pukul 9.20 WIB.

Tinggi asap diperkirakan mencapai 800 meter dari puncak. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengatakan, hembusan asap teramati petugas di Pos Pengamatan Kaliurang, Jrakah, dan Babadan.

"Hembusan asap bertekanan sedang hingga kuat itu terjadi selama 5 menit," katanya. Sumber asap diperkirakan berasal dari dalam kawah di sisi barat laut.

"Hingga saat ini, tampak asap berwarna putih kecoklatan, condong ke barat tinggi 100 m dari puncak Merapi," katanya.

Walaupun menghembuskan asap cukup tinggi, namun menurut Surono aktivitas kegempaan tidak ada peningkatan.

"Karena itu, kami simpulkan, Merapi tetap dalam status Normal," katanya. Salah satu gunung api teraktif di Nusantara ini terakhir kali meletus pada 2010 dan menewaskan ratusan orang, termasuk juru kunci Merapi, Mbah Maridjan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X