Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semalam 2 Sekolah Dibobol Maling, Uang Rp 50 Juta Raib

Kompas.com - 17/05/2013, 15:12 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Kawanan perampok menggasak dua sekolah negeri, yakni SMAN 1 dan SMKN 2 Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (17/5/2013). Pelaku sempat mengikat seorang penjaga SMA Negeri I Singosari. Kerugian akibat perampokan di dua sekolah itu mencapai Rp 50 juta.

Kawanan maling tersebut diperkirakan beraksi pada dini hari dengan cara mencongkel pintu ruang kantor SMK Negeri 2 Singosari. Para pelaku menggasak uang tunai Rp 35 juta yang tersimpan di brankas. Selain itu, pelaku juga mencuri server kamera CCTV senilai Rp 4,5 juta dan satu server internet yang nilainya belum diketahui. Sementara di SMA Negeri 1 Singosari, kawanan maling menggasakan satu kamera digital senilai Rp 1,5 juta.

"Pelaku diduga berjumlah delapan orang dan terlihat sudah mengenal ruangan yang dibobol karena tidak banyak ruangan yang diacak-acak," ujar Wakil Kapolsek Singosari AKP Gianto kepada wartawan, Jumat (17/5/2013).

Di SMK Negeri 2 Singosari, ada beberapa ruangan yang diobok-obok pelaku, di antaranya ruang kepala sekolah, ruang loket yang juga menjadi ruang bendahara, dan ruang tata usaha. Pelaku masuk dengan mencongkel pintu ruangan dengan menggunakan linggis atau pengungkit besi.

"Pelaku masuk ke ruang loket atau ruang bendahara kemudian membongkar brankas dengan cara digulingkan dan kemudian dicongkel. Uang dalam brankas Rp 35 juta digasak. Uang itu adalah uang para siswa," kata Kanit Sabhara Polsek Singosari AKP Made Suardana.

Lebih lanjut Made mengatakan, saat kejadian di SMK Negeri 2 dijaga tiga orang, tetapi semuanya tidak mengetahui ada pencuri masuk dan membongkar isi ruangan.

"Tapi kami masih melakukan penyelidikan terhadap para penjaga sekolah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com