Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Cagub Jateng Tak Miliki Program yang Fokus

Kompas.com - 15/05/2013, 00:05 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Para pasangan calon gubernur Jawa Tengah dinilai tidak memiliki program yang fokus untuk mengatasi masalah di Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan pengamat ekonomi Undip FX Sugiyanto yang juga panelis acara debat cagub di Gedung Prof Soedharto Undip, Semarang, Selasa (14/5/2013) malam.

Ia mengatakan, dari ketiga pasangan ada yang cukup menguasai materi, tetapi masih ada juga yang  kurang fokus.

"Saya mengharapkan ada satu program yang fokus mengatasi masalah di Jawa Tengah seperti ketimpangan, kemiskinan, dan pengangguran. Tapi semua program masih normatif," jelasnya.

Menurutnya, dari pasangan calon terlihat belum tergambar secara jelas dan baik terkait program yang akan dijalankan. Menurutnya, hal itu dimungkinkan karena para calon kurang menguasai topik.

"Untuk persoalan di Jawa Tengah terkait ekonomi ya seperti yang saya sampaikan, saya berharap ada satu ini loh programnya, sayangnya belum ada yang begitu," katanya.

Dari para pasangan calon, ungkapnya, masih ada yang terlihat bingung saat harus menjawab pertanyaan. "Tapi jangan ditanya siapanya," tambahnya.

Ia mengatakan, masih berharap para calon gubernur itu memikirkan konsep kerja sama yang baik dengan para bupati dan wali kota. Gubernur, ungkapnya, tidak memiliki wilayah, sebab itu harus bisa bekerja sama yang baik dengan pemkab dan pemkot.

"Jadi bukan hanya bupati yang memahami gubernur, gubernur juga harus memahami bupati kalau mau pembangunan itu berhasil," tandasnya.

Sementara itu, budayawan Jaya Suprana mengaku bangga menjadi orang Jawa Tengah. Sebab para pasangan calon ataupun pendukung berkompetisi secara fair.

"Meski mereka berkompetisi tapi tetap bersahabat, itu luar biasa," katanya.

Acara debat tersebut disiarkan secara langsung di KompasTV. Diikuti tiga pasangan calon yakni Hadi Prabowo-Don Murdono yang mengenakan batik, pasangan Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo yang juga mengenakan batik coklat, dan pasangan ketiga Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko yang selalu kompak mengenakan kemeja putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com